5 Langkah Bijak Membeli Perumahan Elit Tangerang

Kebutuhan akan tempat tinggal tak bisa dipungkiri semakin meningkat, seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk yang ada di tanah air. Fakta akan hunian yang nyaman terlebih bagi negara berkembang seperti Indonesia yang mengalami pertambahan kelahiran setiap tahun tak ayal membuka peluang bagi developer untuk membangun pemukiman yang nyaman.

5 Langkah Bijak Membeli Perumahan Elit Tangerang

Sebagai makhluk yang tidak bisa dipisahkan dengan keperluan primer seperti papan, sandang, dan pangan, keberadaan tempat tinggal nyatanya menjadi media paling ampuh untuk merefresh otak dan pikiran mereka yang lelah selepas bekerja selama seharian penuh. Terutama dengan kehadiran keluarga dan nuansa yang menghangatkan di dalamnya.

Tidak sekedar difungsikan sebagai karya terapan saja, rumah modern kini mengusung konsep yang lebih menarik. Sebut saja perumahan elit Tangerang yang banyak diincar oleh masyarakat kelas atas lantaran di gadang-gadang menyuguhkan sarana terlengkap.

Adapun harga yang dipasang tentu disesuaikan dengan spesifikasinya. Meski banyak persaingan antar pengembang properti, ciri mewah dan berkelas masih menjadi idaman mayoritas orang.

Indonesia, meski belum diakui sebagai negara dengan pendapatan per kapita yang tinggi, PricewaterhouseCoo (pwc) yang merupakan profesional service network terbesar di dunia dan bekerja sama dengan UrbanLand Institute memperlihatkan kebenaran mencengangkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-3 dalam investment dan ranking nomor 1 pada development di kawasan Asia Pasifik.

Realita diatas kembali membuat kita menemukan poin baru, bahwa developer di luar sana sedang berkompetisi mati-matian untuk menghadirkan perumahan elit Tangerang yang pas dan diinginkan oleh khalayak.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk membeli rumah di kawasan tersebut, berikut beberapa hal yang bisa Anda aplikasikan guna menghindari penipuan.

1. Mengumpulkan brosur

Setiap pengembang tentu punya cara berbeda untuk membuat customer tertarik pada besutannya. Brosur, perantara yang terbilang familiar dan berisi informasi detail dilengkapi dengan contact person ini salah satunya.

Adapun informasi yang dicantumkan di dalamnya meliputi banyak hal. Misal lokasi, luas, ukuran, hingga keterangan lain yang dimaksudkan untuk membuat Anda penasaran.

Alternatif yang bisa Anda lancarkan adalah mencari sebanyak-banyaknya brosur dari perumahan elit Tangerang. Periksa kemudahan serta banderol yang disuguhkan.

Pastikan juga perumahan yang Anda incar menjanjikan kemudahan untuk mengakses kendaraan umum atau jalan tol bila berlokasi di pinggiran kota.

2. Survei

Tips yang selanjutnya ini bisa dibilang sebagai tindakan paling recommended. Mengapa? Dengan Anda menyusun planning untuk melakukan survei, itu artinya Anda ada kemauan untuk memperoleh tempat tinggal yang cocok dengan harapan.

Pengamatan ini sendiri bisa digalakkan dengan dua cara. Pertama, melalui internet dengan mengunjungi portal atau situs jual beli rumah yang di posting di dalamnya. Anda juga bisa menjalin komunikasi langsung dengan pihak pengembang melalui chatting.

Kedua, mendatangi bagian marketing dan meminta mereka untuk mengantarkan Anda ke lokasi. Wawancara dengan tetangga sekitar atau petugas pengamanan yang berjaga bisa Anda andalkan untuk memutuskan perumahan elit Tangerang tersebut layak atau sebaliknya.

Ketika Anda menyurvei, perhatikan sederet kriteria berikut:

a. Taman

Menyediakan taman dan fasilitas umum dapat membuat Anda serta keluarga mempunyai interaksi sosial yang bagus. Jalur bersepeda atau jogging bisa Anda jadikan acuannya.

b. Posisi rumah

Penempatan ini juga berdampak pada harga yang dipasang. Rumah yang ada di pojokan dengan yang lokasinya di tengah tentu beda. Hunian dengan hook atau pojokan ini lebih digemari lantaran Anda bisa memperluas rumah dengan ukuran yang lebih besar.

c. Keamanan

Pastikan perumahan elit Tangerang yang Anda impikan dilengkapi dengan CCTV yang masih berfungsi serta satpam. Ini sangat penting untuk menjaga rumah Anda apabila ditinggalkan selama berhari-hari untuk mudik atau libur panjang.

3. Status rumah
Pihak pengembang umumnya menawarkan dua jenis hunian. Yakni siap huni dan model inden (pembelian barang dengan cara memesan atau membayar dahulu).

Untuk rumah yang sudah bisa ditempati Anda diperkenankan melihat secara langsung ketika kreditnya sudah disetujui oleh bank. Sedangkan untuk rumah inden Anda hanya bisa memilih dari site map kemudian menunggu 8 hingga 2 tahun sampai proses pembangunan perumahan elit Tangerang selesai.

4. Harga Rumah

Anda jangan malu untuk mengkonsultasikan perihal harga ini kepada pengembang. Apakah harga rumah sudah termasuk PPN 10%, biaya Akta Jual Beli (AJB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan, serta KPR.

Anda bisa bernegosiasi apabila pengembang tidak membayarkan biaya tadi. Bagaimana kerja sama dengan bank untuk kepengurusan kredit atau fasilitas yang diberikan dari bank untuk memudahkan Anda pun harus menjadi pedoman Anda sebelum memantapkan hati untuk melakukan transaksi jual beli.

5. Garansi kerusakan

3 bulan setelah serah terima rumah biasanya merupakan waktu yang ditetapkan sebagai jaminan. Anda bisa menggunakannya untuk merenovasi rumah apabila ada atap yang bocor, dinding retak, atau kerusakan lain yang mengganggu kenyamanan Anda.

Bagaimana? Masih bingung dengan ciri-ciri perumahan elit Tangerang yang tepat untuk Anda dan keluarga?